5 Tips Mengetahui Website Donasi Online Terpercaya

Di tengah pandemi COVID-19, banyak masyarakat membutuhkan uluran bantuan dan oleh karenanya, banyak pihak juga menjadi pemrakarsa penggalangan bantuan. Mulai dari komunitas lokal hingga organisasi internasional, mengajak semua orang berdonasi untuk masyarakat yang terdampak COVID-19, terutama secara ekonomi. Berbagai penggalangan dana ini pun punya skema masing-masing.

Mulai dari transfer ke rekening pribadi, organisasi hingga menggunakan situs crowdfunding seperti WeCare.id dan sebagainya. Banyaknya penyedia jasa donasi online membuat kita sebagai calon donatur, harus rajin membaca tips berdonasi online agar aman dan tepat sasaran.

Sobat yang kebetulan memiliki rezeki lebih, mungkin tergerak ikut berbagi untuk membantu saudara-saudara yang kesulitan karena COVID-19 dengan menyumbangkan dana secara online. Akan tetapi, ada baiknya, Sobat jeli memilih penyalur dana Sobat.

Jangan sampai, Sobat salah memilih dan justru menyalurkan dana kepada badan yang tidak kredibel. Sebab, kejahatan akan selalu ada kapan saja, termasuk di masa kritis seperti saat ini.

Maka dari itu, perhatikan 5 tips berikut ini yang dirangkum dari WeCare.id:

1. Kenali badan penyalur donasi

Hal pertama yang harus Sobat perhatikan saat ingin berdonasi secara online adalah perhatikan badan yang mengadakan donasi. Jika ingin aman, pilihlah lembaga nasional yang bereputasi dan terpercaya. Namun, tidak ada salahnya juga Sobat memilih berdonasi untuk komunitas lokal yang ruang geraknya terbatas pada masyarakat di lokasi tertentu.

Yang terpenting, Sobat tahu siapa penyelenggaranya meliputi profil orang-orang yang bertanggung jawab di dalamnya serta bagaimana gerak bantuan yang mereka rencanakan. Jangan sampai Sobat asal menyumbang kepada orang atau badan yang belum jelas terpercaya.

2. Sasaran donasi

Hal selanjutnya yang perlu Sobat perhatikan saat ingin berdonasi online adalah sasaran penerima bantuan. Dari berbagai badan penyelenggara donasi, sasaran penerima bantuannya bisa bervariasi dari internasional, nasional, kota, hingga kelompok dengan segmentasi spesifik. Sobat bisa memilih kepada siapa Sobat ingin dana Sobat disalurkan.

Jika Sobat ingin berdonasi kepada kelompok tertentu, Sobat bisa mencari informasi mengenai orang yang tampaknya bisa amanah menyalurkan dana Sobat. Namun, jika Sobat sebatas ingin menyumbangkan dana tanpa memiliih sasaran bantuan secara khusus, Sobat bisa memilih berbagai saluran dana terpercaya yang bisa ditemukan di internet.

3. Pembagian anggaran donasi

Untuk Sobat yang memiliki dana lebih besar, Sobat mungkin ragu akan menyumbangkan sekaligus pada satu badan, atau memecahnya untuk beberapa badan donasi. Hal tersebut tentu tergantung pada niat Sobat. Jika Sobat sekadar ingin membantu, Sobat tidak perlu repot-repot mencari berbagai macam kampanye donasi yang berlangsung.

Namun, jika Sobat benar-benar ingin dana Sobat tersalurkan secara tepat, Sobat bisa menyeleksi beberapa kampanya donasi yang tampat terpercaya dan memiliki sistem penyaluran serta sasaran donasi yang cocok dengan hati Sobat. Lebih baik menyalurkan bantuan untuk berbagai penyelenggara dengan lokasi berbeda-beda, agar bantuan Sobat dapat tersalurkan secara lebih luas bagi masyarakat yang lebih luas pula.

4. Hati-hati dengan tawaran pembelian sekaligus donasi

Sobat pernah melihat iklan penjualan sebuah barang yang disertai keterangan untuk donasi? Misalnya saja, sebuah iklan yang menjual baju dan menyatakan akan menyumbangkan sebagian penghasilannya untuk donasi. Meski tidak salah turut membantu melalui program seperti ini, namun sekali lagi, Sobat harus berhati-hati.

Pastikan program tersebut terpercaya dan bukan sebuah program ‘abal-abal’ yang mencari keuntungan dengan memanfaatkan momen. Jangan sampai, belas kasih Sobat untuk membantu sesama, jadi dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang menjual produk dengan balutan donasi.

5. Laporkan jika ada gelagat mencurigakan

Jangan segan-segan bertindak jika Sobat merasa sebuah kampanye atau program donasi berjalan dengan tidak wajar. Ketidakwajaran ini bisa Sobat lihat dari konsistensi gerakan dan progres kegiatan yang seharusnya selalu diperbarui. Jika Sobat melihat gelagat yang aneh atau mencurigakan dari penyelenggara donasi, jangan ragu untuk menanyakannya dan jika kecurigaan Sobat semakin kuat, jangan ragu melaporkannya pada pihak berwajib.

Jika Sobat menemui kampanye donasi yang aneh di media sosial, Sobat bisa melaporkan akun penggeraknya kepada pengelola media sosial terkait. Sementara itu, jika Sobat menemukan kampanye program donasi yang janggal di website crowdfunding, Sobat bisa langsung melaporkannya kepada pengelola website terkait. Jangan ragu untuk memberantas pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan musibah untuk kepentingan pribadi mereka.

Bagaimana, Sobat, apakah sudah merasa lebih yakin untuk berdonasi online? Tidak ada salahnya, kok, menyalurkan dana sumbangan secara online, asal, Sobat harus selalu ingat untuk waspada dan hati-hati, ya. Perhatikan 5 tips saat donasi online di atas agar Sobat bisa berbuat baik dengan aman dan tenang.

Salah satu plaform donasi online terpercaya yang dapat Sobat gunakan adalah WeCare.id. Situs donasi online ini dibangun khusus untuk mengumpulkan dana bagi pasien-pasien di daerah terpencil atau sangat terpencil yang membutuhkan akses terhadap pelayanan kesehatan yang optimal dan JKN. WeCare bekerja sama dengan dokter-dokter di wilayah perifer untuk menghubungkan WeCare dengan para pasien tersebut sehingga mereka dapat memperoleh pengobatan dan fasilitas pendukung lainnya secara menyeluruh.

Melalui WeCare.ID para calon donatur dapat melihat daftar dan informasi para pasien, memilih pasien yang ingin dibantu, lalu memberi bantuan dengan menyumbang mulai dari sepuluh ribu rupiah. Seluruh transaksi yang dilakukan akan ditampilkan secara transparan di website WeCare.

Leave a Comment