Bayar Tagihan Listrik Jadi Lebih Mudah, Begini Caranya!

Untuk bisa menikmati listrik tiap bulan tentu anda juga harus membayar tagihan listrik setiap bulan. Jika dahulu pembayaran listrik hanya bisa dilakukan di kantor PLN terdekat atau kantor pos aja, gini bayar tagihan listrik sangat mudah karena bisa dilakukan secara online. Bayar Tagihan Listrik Jadi Lebih Mudah, Begini Caranya lewat platform online.

Nah, Salah satu cara pembayaran listrik paling muda saat ini bisa melalui platform aplikasi keuangan LinkAja. Platform ini memudahkan anda membayar tagihan listrik melalui smartphone. Namun sebelum mengetahui step by step pembayaran listrik lewat aplikasi, ada baiknya anda melakukan pengecekan tagihan listrik terlebih dahulu lewat beberapa metode mudah berikut ini.

Cek Tagihan Listrik

Anda bisa melakukan cek tagihan listrik melalui beberapa metode. Berikut ini beberapa cara paling simpel yang bisa dilakukan.

  • Aplikasi mobile, anda bisa dengan mudah melakukan cek tagihan listrik lewat Android maupun iOS. Untuk Android ada banyak pilihan aplikasi tersedia, namun disarankan untuk memilih aplikasi resmi dari PLN. Sementara untuk iOS PLN Mobile. Pada aplikasi ini anda akan mendapatkan berbagai informasi seputar kelistrikan. Mulai dari riwayat pemakaian, info lokasi pembayaran, info status listrik, progres permohonan dan media pengaduan keluhan untuk pelanggan. Aplikasi ini juga menyediakan pembelian token listrik.
  • Email, pengecekan tagihan listrik juga bisa dilakukan lewat email namun anda harus terdaftar dulu pada e-billing PLN.
  • Telefon, Anda bisa melakukan panggilan telepon ke customer service dari PLN. Hal ini tentu saja untuk melakukan pengecekan tagihan listrik dengan menghubungi nomor PLN 123.
  • SMS, pengecekan tagihan listrik ternyata bisa dilakukan lewat SMS. Yang pertama Anda bisa melakukan cek tagihan untuk waktu 1 bulan saja. Pengucapan juga bisa dilakukan secara otomatis setiap bulan dengan berlangganan terlebih dahulu. Untuk cara cek tagihan per bulan yaitu dengan mengetik SMS REK(spasi)No ID Pelanggan. Halo anda bisa kirim SMS lewat 8123. Sementara untuk mendapatkan langganan cek tagihan PLN setiap bulan bisa dengan mengatur format PLN(spasi)ON(spasi) ID pelanggan. Untuk nomor pengirimannya sama juga yaitu ke 8123. Atau bisa juga melakukan pemberhentian langganan pemberitahuan dengan mengetik SMS PLN(spasi)OFF(spasi)ID Pelanggan. Mengerjakan bagian ini dikenakan biaya SMS 500 rupiah.

Bayar Tagihan Listrik Jadi Lebih Mudah Lewat LinkAja

Setelah Anda mengetahui cara pengecekan tagihan listrik, kini saatnya mengetahui cara pembayaran listrik. Nah di sini, pembayaran dilakukan melalui platform LinkAja.

  • Anda buka saja langsung aplikasi LinkAja di smartphone.
  • Pilih Menu Listrik di dashboard.
  • Ada pilihan PLN Postpaid untuk bayar listrik bulanan.
  • Masukkan ID pelanggan PLN dan ikuti instruksi selanjutnya.
  • Untuk mengetahui nominal tagihan yang harus dibayarkan. Nanti setelah pembayaran lunas maka anda akan mendapatkan struk transaksi. Anda bisa juga melakukan cetak struk PLN LinkAja lewat aplikasi.
  • Anda juga bisa langsung melakukan pembelian token listrik melalui aplikasi pembayaran ini. Caranya sangat simpel yaitu hampir sama dengan cara pembayaran PLN postpaid. Hanya saja setelah membuka menu Listrik, Anda harus memilih menu PLN Prepaid.lalu pilih nominal token yang akan dibeli dan lakukan pembayaran.

Demikian cara bayar tagihan listrik jadi lebih mudah lewat adanya platform LinkAja. Platform ini tidak hanya memberikan kemudahan dalam pembayaran listrik saja, tapi juga pembayaran tagihan lainnya. Mulai dari pembayaran air untuk PDAM, BPJS, tagihan internet, melakukan donasi, pembelian pulsa handphone hingga voucher game juga tersedia. Dapatkan pula promo diskon dan promo menarik lainnya dari LinkAja.

Leave a Comment