Simak Cara Membuat Chatbot WhatsApp dan Berbagai Keuntungannya

Di era yang semakin canggih saat ini, istilah chatbot pastinya sudah tidak asing lagi. Apalagi teknologi ini juga muncul di berbagai platform sosial media seperti Whatsapp. Kira-kira apa yang dimaksud dengan Chatbot Whatsapp?

Chatbot sendiri merupakan teknologi canggih yang bisa digunakan untuk berkomunikasi secara otomatis. Dalam implementasinya, teknologi ini sangat membantu interaksi dengan pelanggan dalam berbisnis. Kelebihan dari teknologi ini juga sangat banyak dan tentunya memudahkan penggunanya.

Definisi Chatbot WhatsApp

Merupakan teknologi yang berbasis Artificial Intelligence atau AI yang terhubung dengan WhatsApp. Chatbot ini memiliki fungsi melakukan percakapan otomatis layaknya manusia pada umumnya. Jika Anda menggunakan chatbot ini maka percakapan mampu dikelola dengan baik.

Contohnya ketika berinteraksi dengan pelanggan perihal produk ataupun keluhan. Tidak hanya itu saja, chatbot WhatsApp juga bisa menjadi wadah sarana dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Sehingga chat lebih responsif dan tidak memakan banyak waktu.

Keuntungan Chatbot WhatsApp yang Sangat Efektif

Adapun beberapa kondisi dimana Anda membutuhkan chatbot dalam sebuah bisnis. Diantaranya adalah kewalahan ketika merespon banyak pesan dari pelanggan. Kemudian adanya keterbatasan waktu yang tidak memungkinkan Anda membalas pesan keseluruhan.

Terkadang ada beberapa pertanyaan pelanggan yang sama sehingga harus mengulang kembali jawaban chat. Namun, jika menggunakan chatbot maka akan lebih efektif. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan Chatbot WhatsApp.

Dapat Digunakan Dimana Saja

Salah satu kelebihan dari chatbot adalah dapat digunakan dimana saja. Fitur chatbot tidak terbatas tempat ataupun perangkat. Anda bisa memasang fitur ini pada perangkat seluler sehingga lebih mudah jika digunakan. Karena kelebihan inilah banyak orang tertarik untuk menggunakan chatbot WhatsApp..

Menghemat Penggunaan Waktu

Seperti yang diketahui bahwa waktu adalah hal yang berharga. Keuntungan lainnya dari teknologi ini adalah waktu lebih hemat karena respon yang diberikan bersifat otomatis. Anda sebagai pemilik bisnis dapat merespon pertanyaan dalam jumlah banyak sekalipun jika menggunakan fitur chatbot WhatsApp. Umpan baliknya adalah pelanggan dapat memperoleh jawaban yang responsif tanpa harus menunggu lama.

Berbeda halnya ketika harus menjawab berbagai pertanyaan secara manual. Selain membuang banyak waktu, Anda juga menggunakan banyak tenaga yang justru dapat merugikan bisnis. Pelanggan juga harus menunggu lama meski jam kerja masih ada.

Menghemat Penggunaan Biaya

Selain menghemat waktu, penggunaan chatbot WhatsApp juga dapat menghemat biaya, mengapa? Pelanggan harus mendapatkan pelayanan yang memuaskan dan berbagai keluhan harus ditanggapi. Sehingga Anda memerlukan customer service untuk melakukan job tersebut.

Merekrut agen customer service atau CS akan menambah biaya pengeluaran. Maka dari itu, akan lebih efektif jika menggunakan chatbot WhatsApp. Fitur chatbot akan membantu Anda dalam merespon pelanggan dan mengelola pesan. Seluruh pertanyaan yang bersifat umum akan dijawab secara otomatis dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.

Pelayanan 24/7

Chatbot WhatsApp terkenal akan cara kerjanya yang bersifat otomatis. Kegunaan paling utama dari chatbot adalah pelayanan responsif selama 24/7. Keuntungan ini dapat meningkatkan pelayanan dan kepuasan pelanggan.

Meningkatkan Survey Kepuasan Pelanggan

Survey kepuasan pelanggan sangat mempengaruhi perkembangan bisnis. Salah satu hal yang mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah respon atas pertanyaan atau keluhan yang diberikan. Oleh karena itu, adanya chatbot WhatsApp sangat membantu Anda dalam meningkatkan bisnis.

Pelanggan tidak akan merasa kecewa karena respon yang lama. Sehingga pelanggan juga akan memberikan penilaian yang baik terhadap pelayanan yang Anda berikan. Oleh karena itu, penggunaan chatbot WhatsApp sangat diperlukan dalam dunia bisnis.

Tidak Memerlukan Pemasangan Aplikasi Lain

Selain dari segi cara kerja dan manfaatnya, chatbot WhatsApp juga memberikan keuntungan lain yakni tidak memerlukan pemasangan aplikasi tambahan. Terkadang beberapa pengguna merasa kurang nyaman ketika harus menginstall aplikasi tambahan.

Selain memakan ruang penyimpanan, proses penggunaannya juga rumit. Namun chatbot pada platform WhatsApp sudah tersedia pada fitur WhatsApp API sehingga tidak memerlukan tambahan aplikasi lainnya.

Lebih Interaktif

Pelanggan yang menerima pesan otomatis tentunya lebih paham karena menggunakan vokal bahasa promo. Selain itu, chatbot WhatsApp juga bersifat interaktif yang tentunya lebih akrab dan tidak bertele-tele. Selain menampilkan balasan chat, bot juga bisa disetel untuk menawarkan beberapa pilihan promosi produk. Dengan begitu, pelanggan bisa memilih produk dengan mudah dan cepat.

Langkah Membuat Chatbot WhatsApp

Berbagai keuntungan dan manfaat chatbot WhatsApp telah diuraikan sebelumnya. Selain mengetahui keuntungannya, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara membuatnya. Berikut ini langkah mudah dalam membuat chatbot pada WhatsApp.

Unduh dan Buat Akun Aplikasi WhatsApp Business

Fitur chatbot WhatsApp terdapat pada aplikasi WhatsApp Business sehingga Anda perlu mengunduhnya terlebih dulu. Pastikan bahwa aplikasi yang diunduh resmi kemudian buat akunnya. Jika Anda belum memiliki akun WhatsApp API maka bisa mendaftarkan bisnis Anda ke Official Business Partner of WhatsApp API.

Salah satunya adalah Qontak by Mekari yang dapat membantu Anda dalam membuat akun WhatsApp API. Setelah membuat akun, pastikan bahwa akun Anda sudah terverifikasi.

Merancang Alur Percakapan

Langkah selanjutnya dalam membuat chatbot WhatsApp adalah merancang alur percakapan pada bot chat. Anda perlu membuat jawaban dari pertanyaan yang sering diajukan pelanggan. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan jawaban lain yang sudah dibuat sebelumnya.

Pada langkah ini, rancangan percakapan atau alurnya tidak boleh dibuat sembarangan. Sebab, rancangan percakapan ini akan memberikan pilihan ataupun menjawab pertanyaan dari pelanggan.

Melengkapi Profil WhatsApp

Langkah berikutnya dalam membuat chatbot WhatsApp adalah melengkapi profil pada WhatsApp Business. Tujuannya adalah agar calon pelanggan lebih mudah dalam mengenali akun Anda. Lengkapi profil mulai dari nama, kategori bisnis, hingga deskripsi produk ataupun alamat website.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan tambahan informasi akun seperti Facebook ataupun Instagram. Dengan begitu, pelanggan bisa mengetahui informasi dasar mengenai bisnis yang dijalankan. Profil yang lengkap juga bisa menambah kepercayaan pelanggan ketika memulai percakapan dengan chatbot WhatsApp.

Mengintegrasikan Akun WhatsApp 

Terakhir adalah mengintegrasikan akun WhatsApp Business dengan chatbot. Lalu bagaimana jika belum terintegrasikan? Apabila belum terintegrasikan maka Anda belum bisa menggunakan beberapa layanan ataupun fitur dari chatbot.

Setelah terintegrasikan Anda bisa melakukan uji coba dengan cara mengirimkan pesan ke nomor WhatsApp API. Apabila muncul jawaban yang sesuai maka chatbot WhatsApp sudah siap digunakan.

Dalam pembuatannya memang harus melalui beberapa proses. Terkadang tidak semua orang paham dan mungkin merasa kesulitan. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan layanan dari Qontak by Mekari. Penyedia bot WhatsApp terbaik satu ini dapat membantu Anda dalam membuat chatbot.

Qontak by Mekari merupakan solusi teknologi bisnis lengkap bahkan didukung dengan teknologi AI. Chatbot dari Qontak telah terintegrasi dengan sistem Customer Relationship Management atau CRM. Sistem ini membuat bisnis bisa dijalankan lebih baik dan efisien. Jika Anda ingin membuat chatbot WhatsApp dengan mudah Qontak by Mekari solusinya.

Sementara itu, Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk membantu meningkatkan bisnis mereka. Tidak hanya itu, Mekari Qontak telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, coba demo gratis aplikasi CRM Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari!

Leave a Comment